Artikel tentang VGA Card | Tugas Mata Kuliah DSK

Pada kesempatan kali ini saya I Gede Jupi Permana Bayu akan menjelaskan secara singkat mengenai VGA Card. Kalangan yang suka maen game atau gamers pasti tau apa sih VGA Card dan bagian-bagian dari VGA Card itu sendiri. Baik untuk mempersingkat waktu, langsung saja to the point saya akan menyampaikan seraca ringkas mengenai artikel tentang VGA Card.
 

  • Pengertian VGA Card :
VGA Card adalah perangkat keras yang berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Fungsi VGA Card adalah mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermaingame.VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis. Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi. Chipset/prosesor pada kartu VGA, banyak sekali macamnya karena tiap-tiap pabrik kartu VGA memiliki Chipset andalannya. Ada banyak produsen Chipset kartu VGA seperti NVidia, 3DFX, S3, ATi, Matrox, SiS, Cirrus Logic,Number Nine (#9), Trident, Tseng, 3D Labs, STB, OTi, dan lain-lain.

  • Bagian – bagian VGA Card :

1. PCB (Printed Circuit Board)
Merupakan sebuah papan yang berfungsi sebagai penghubungan antara komponen satu dengan yang lain pada VGA card. Pada VGA Card, warna dasar yang digunakan beragam. Mulai dari warna merah, hijau dan kuning keemasan. Ada dua form factor yang digunakan. Kebanyakan berukuran standar dengan ketinggian sekitar 99 mm (tinggi bracket sekitar 127 mm) dan lebar yang bervariasi. Ukuran yang lebih mungil, dengan ketinggian setengahnya, dikenal dengan form factor low-profile. Video card semacam ini digunakan seperti pada mini PC. Sesekali ditemukan beroperasi dengan sebuah riser card.


2. GPU (Graphics Processing Unit)
Berfungsi untuk memproses sinyal gambar yang akan ditampilkan ke monitor. Pada awalnya VGA dioptimalisasi untuk 2D (grafik dua dimensi) namun perkembangan saat ini lebih banyak dioptimalkan untuk 3D. GPU berbentuk chipset yang sudah tertanam pada VG board. Inilah inti dari sebuah video card. Sebuah IC (integrated circuit), tugasnya seperti CPU pada sebuah mother- board. Ia yang menangani proses 2D dan 3D. Biasanya tertutup oleh heatsink dan fan.

3. Memory
Berfungsi untuk membedakan dengan RAM/ memory yang terinstalsi pada motherboard, lebih spesifik disebut sebagai video RAM. Kesamaan antara RAM dengan video RAM cukup banyak. Namun pada praktiknya, RAM video card terutama seri-seri high-end, sering menggunakan chip memory yang lebih cepat ketimbang RAM motherboard.

4. Bus Interface
Berfungsi menghubungkan motherboard dengan kartu grafis. Pada umumnya, bus interface ada dua tipe yaitu AGP dan PCI-Express.

5. Cooling System
Berfungsi sebagai pendingin kartu grafis. Sempat memiliki sebuah VGA Card yang sama sekali tidak menggunakan fan pendingin, atau bahkan tanpa heatsink? Untuk GPU terkini, sebuah hal yang hampir tidak mungkin. Dengan clock yang demikian cepat, panas selama beroperasi dapat mencapai suhu yang cukup tinggi. Sebagai informasi, suhu pada heatsink pasif (tanpa fan) sebuah video card GeForce FX5200 dapat mencapai kisaran 60°C. Dapat dibayangkan panas yang dapat dihasilkan sebuah video card kelas high-end.

6. Display Interface
Berfungsi menghubungkan kartu grafis dengan monitor. Umumnya terdapat 3 portdisplay, antara lain DVI, VGA, TV-Out. Dan yang lain, hanya merupakan kombinasi minor dari tiga port tersebut. Ada yang menawarkan dual DVI, untuk dapat menghasilkan dua tampilan pada display digital. Ada yang menyertakan fasilitas dukungan output HDTV (high-definition TV), atau VIVO (video input video output). Dua yang disebut terakhir, biasanya dengan menyertakan fungsi tambahan tersebut pada port video.
Semoga bermanfaat dan terima kasih :)

2 komentar: